Daftar Isi

Hai semuanya, sudah lama aku tidak memposting sesuatu di blog pribadiku ini dan ya saatnya aku ingin memposting blog lagi, dan kali ini aku ingin berbagi cerita apa aja yang terjadi padaku selama 2022 ini, mulai dari perjalanan karir, skill yang kudapat selama 2022 dan karena aku juga suka vtuber, aku juga ingin membagikan cerita tentang vtuber yang kutemui dan akhirnya aku sukai di 2022 ini, event developer yang sudah aku datangi dan cerita lainnya. Dan alasan bagiku kenapa aku ingin membuat blog tentang rewind 2022 versi ku sendiri, karena 2022 menurutku tahun keberuntungan bagiku dan banyak hal yang menarik terjadi padaku di tahun ini. Sebelum itu kalau belum ada yang tau siapa aku, kenalin aku Satya Wikananda seorang mahasiswa kupu-kupu semester 3 biasa yang kuliah di salah satu kampus swasta di Bali dan juga seorang Frontend Engineer yang kerja remote di salah satu company di Singapore. Tanpa basa-basi lagi, let’s check this out!

Perjalanan Karir dan Skill Yang Didapatkan

Bekerja di Appkey

Oke, dimulai dari bulan Januari aku masih bekerja di salah satu software house di Denpasar Bali yang bernama PT. Appkey sebagai Web Developer disana aku mengerjakan beberapa projek internal kantor yang nantinya akan dipakai oleh perusahaan, selama aku bekerja disana mulai dari Februari 2020 banyak teman baru yang kujumpai dan mostly diatas ku semua secara umur dan juga mostly sudah pada bersarjana S1 sedangkan hanya aku saja yang masih kuliah dan di kala itu masih menempuh semester 2, selain mendapatkan teman baru yang asyik diajak ngobrol dan bercanda juga, aku juga tentunya dapat insight-insight baru dari rekan kerja mengenai skill di dunia web developer dan sebagainya.

Oke lanjut pada bulan Mei 2022, aku memutuskan untuk berhenti bekerja di software house ini karena memang di kontrak selama 2 tahun dan aku tidak memperpanjang kontrak disana karena dengan alasan aku ingin menambah pengalaman di berbagai dunia industri atau dunia kerja soalnya umur ku juga masih terbilang cukup muda dan ingin mengeksplore banyak hal di tempat lain dan bisa juga ini disebut aku keluar dari zona nyaman ku sendiri. Singkat cerita lagi, saat hari terakhir aku kerja pada tanggal 8 Mei 2022 teman-teman yang sering aku ajak makan siang memberikan banyak sekali bingkisan dan bisa dibilang bingkisan perpisahan yang macam bansos karena isinya itu seperti mie instan, snack, sambal botolan dan juga sandal 😂. Dari sana aku bersyukur mempunyai teman dan lingkungan kerja yang sama sekali tidak toxic selama 2 tahun aku bekerja disana dari 2020 - 2022.

Foto bareng teman-teman kerja saat perpisahan

Foto bersama

Foto bareng dengan beberapa rekan kerja walau tidak full orang-orangnya saat perpisahan

Foto dengan salah dua yang menginisiasikan pemberian 'bansos' untukku

Menjadi Pengangguran

Selang waktu saat setelah selesai bekerja di perusahaan sebelumnya tepatnya di bulan Mei 2022, tentu saja aku menjadi pengangguran dan sedang melamar banyak pekerjaan di berbagai perusahaan yang ada di Bali maupun remote yang ada di luar Bali, penyesalan ku disini adalah aku tidak banyak ngelamar pekerjaan saat satu bulan sebelum aku habis kontrak di kantor sebelumnya, saat itu aku hanya melamar 1-3 lamaran saja, dan semua lamaran itu kebanyakan dikacangin oleh HRD nya entah dengan alasannya apa aku tidak tahu, alhasil saat di bulan Mei 2022, aku banyak apply lamaran kerja entah itu dari Glints, Jobstreet, Glassdoor dan Linkedin, oh ya dan juga apply lamaran langsung melalui email perusahaan tersebut, dan ada salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jaringan gitu menerima lamaran ku melalui email dan aku dipanggil untuk melakukan test interview kerja, dan setelah selesai test interview diperusahaan itu aku mikir 2 kali lagi untuk kerja disana karena jam dan hari kerja yang tidak mendukung menurut ku karena aku juga ada kuliah saat sore sampai malamnya.

Oh ya sebelum lanjut, ini ada daftar perusahaan yang sudah aku apply lamarannya dan ya tentu saja ada yang dikacangin, ditolak dan lanjut ke tahap selanjutnya.

Daftar lamaran kerja yang sudah aku apply

Yap sudah lihat kan ada 14 lamaran kerja yang sudah aku apply karena banyaknya lamaran kerja yang aku lamar aku sampai mencatat di Google Keep agar aku bisa mengingat lamaran kerja apa saja yang sudah aku lamar.

Singkat waktu lagi, saat aku baru bangun tidur, teman kelas ku waktu SMK nge-chat aku untuk menawarkan kerja di salah satu startup yang tempat dia bekerja yang bernama BTW Edutech, dan akupun tanpa basa basi lagi langsung apply lamaran ke HRD dari perusahaan itu sebagai Full Stack Web Developer, dan akhirnya pun aku langsung dipanggil untuk melakukan test interview, psikotes dan test coding langsung di kantor BTW Edutech tersebut, dan setelah melakukan berbagai test disana, akhirnya aku dichat lagi oleh HRD melalui WA dan akhirnya aku diterima untuk bekerja di BTW Edutech sebagai Full Stack Web Developer 🥳.

Yap, dan begitulah kisah ku selama menganggur untuk mencari pekerjaan yang baru, walau banyak yang tertolak saat lamar bekerja, aku tetap mencari pekerjaan lagi dan lagi sesuai bidang ku sampai aku mendapatkannya dan diterima 😄.

Bekerja Di BTW Edutech

Setelah menganggur selama cuma 3 minggu akhirnya aku mendapatkan pekerjaan di BTW Edutech yang awalnya aku kira sebagai Full Stack Web Developer saat ditawari oleh teman, tapi ternyata sebagai Backend Engineer karena tim IT saat itu kekurangan orang di bagian backend dan akhirnya aku dan 2 orang baru yang barengan mulai kerja sama aku juga di bagian backend.

Menjadi Backend Engineer disana adalah hal yang baru dan menantang bagiku karena sebelumnya aku belum pernah berkutat dibagian backend apalagi disana menggunakan Golang, message broker RabbitMQ, dan juga PostgreSQL yang dimana sebelumnya belum pernah aku coba sama sekali tapi disana aku diajari bagaimana menggunakan itu semua sama senior yang ada disana, dan aku pun belajar itu semua selama 2 hari disana dan akhirnya langsung diberikan project real case setelahnya, dan akhirnya aku mengerjakan task-task yang diberikan disana sembari belajar juga.

Banyak hal baru yang aku dapatkan saat bekerja di Startup yang berfokus di bimbingan dan pelatihan berbagai tahapan seleksi masuk PTN, PTK, ASN, TNI dan Polri ini, disana tentunya aku mendapatkan teman-teman baru disana dan ilmu baru seperti yang kusebutkan diawal tadi. Tapi, aku hanya bekerja selama kurang lebih 3 bulan saja karena mendapatkan tawaran pekerjaan remote di luar Indonesia, dan aku memutuskan untuk menerima tawaran tersebut dan resign di BTW Edutech ini. Bekerja di BTW Edutech menjadi pengalaman yang tidak aku pernah lupakan walau hanya sebentar karena banyak banget hal baru yang aku dapatkan disana, dan aku sangat bersyukur bisa bekerja dengan tim hebat yang ada disana.

foto-btw-1

Foto bersama di BTW sebelum hari raya Galungan 2022

foto-btw-2

Meeting terakhir dan hari terakhir bekerja disana pada tanggal 24 Juli 2022

Memulai Bekerja Secara Remote

1 Agustus 2022, awal karir ku bekerja secara remote dimulai yaitu di salah satu perusahaan yang bergerak di media dan marketing yang bergerak di Singapura yang bernama AM Collective. Oke, balik lagi cerita sedikit bagaimana aku bisa mendapatkan pekerjaan remote ini, saat aku menganggur, aku sempat melamar pekerjaan di LinkedIn, saat itu Glints sedang membuka lowongan kerja Frontend Engineer yang salah kriterianya yaitu menguasai Vue 3, yang dimana aku menguasai framework tersebut dan aku coba lamar, akan tetapi lamaran tersebut tidak ada kabar sampai saat aku bekerja di BTW Edutech, baru ada panggilan dan mendapatkan tawaran bekerja untuk client Glints yang ada di Singapore, dan aku tidak mau meninggalkan kesempatan tersebut untuk bekerja secara remote yang berpusat di luar negeri. Aku melewati beberapa test seperti test coding yaitu dengan membuat projek dengan menggunakan Vue 3 dan TypeScript serta test interview dengan menggunakan bahasa Inggris, and ya this is first time I’m using English while I’m Interview Job, dan akhirnya aku berhasil keterima di perusahaan yang berbasis di Singapura ini.

Untuk saat ini aku bekerja sebagai Frontend Engineer dengan menggunakan Nuxt 3 dan juga TypeScript, aku belajar banyak hal seperti penggunaan Nuxt 3 lebih advanced lagi, cara menggunakan monorepo, dan banyak hal. Bekerja secara remote juga menguntungkan bagiku yang bekerja sambil kuliah saat sore sampai malam hari, kadang aku bekerja di perpus kampus dan di coffee shop favorit ku di dekat kost ku, serta bekerja secara remote menguntungkan bagiku untuk yang suka bangun siang begini 😂.

Yap begitulah perjalanan karir ku selama 2022, intinya aku keluar dari zona nyaman ku untuk mendapatkan hal yang lebih menantang lagi untuk improvisasi diriku, mendapatkan teman baru tentunya dan mendapatkan ilmu baru :D.


Event Developer

Pandemi sudah mulai berakhir dan event-event developer di Bali sudah mulai banyak digelar lagi, 2019 merupakan tahun terakhir mendatangi event developer sebelum pandemi menyerang, di saat itu aku mendatangi Devfest 2019 yang diselenggarakan oleh GDG Bali. Tapi, di 2022 event developer sudah mulai digelar kembali, dan kali ini aku ingin menceritakan event apa saja yang sudah aku datangi.

Google I/O Extended Bali

Bulan Juli 2022 di STMIK Primakara, Event Google yang diselenggarakan secara tahunan oleh Google ini biasanya membahas perbaruan dari teknologi yang dikembangkan oleh Google ini, tapi di Google I/O Extended yang diselenggarakan oleh GDG Bali membahas topik mulai dari mulai dari Web, Flutter, Machine Learning, JavaScript, Golang, hingga System Architecture, dan walau ini acara Google, tidak memungkinkan juga untuk membahas produk diluar Google, saat itu ada pembicara yang membawakan materi tentang Zustand yaitu salah satu state management React yang bersifat open source di GitHub, aku mendapat banyak insight baru disini dan mendapatkan ilmu baru juga saat mengikuti acara ini, dan tentunya mendapat banyak swag dari event ini karena menang main Kahoot wkwk.

google-io-1

Foto bersama saat Google I/O Extended Bali

swag-event

Yeayyy dapat swag :D

foto-google-io

Foto solo di Google I/O

Devfest 2022

Bulan November 2022, ada lagi event kedua dari komunitas GDG Bali, kali ini mereka mengadakan acara yang bernama Devfest Bali 2022 di STMIK Primakara. Devfest kali ini benar-benar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang pernah aku hadiri karena partisipannya sangat ramai banget dan banyak komunitas yang mendukung acara ini seperti GDSC INSTIKI, GDSC Primakara, GDSC Udayana, dan Women Techmakers Bali. Oh ya ini devfest yang ke 3 kali aku hadiri. Aku juga dapat bertanya pada saat sesi Web API untuk handle media dan interaksi pada browser yang dibawakan oleh Mbak Eka Jayani yaitu seorang Google Developer Expert Web, dan aku pun mendapatkan insight baru saat menghadiri acara kali ini tetapi sayangnya tidak mendapatkan swag karena MC yang mewakili agar aku mendapatkan swag kalah bermain suit 🙃.

google-io-1

Foto bersama saat Devfest Bali 2022

swag-event

Aku saat sesi tanya jawab :D

WEB3 Tour de Bali

Workshop yang digelar pada bulan yang sama saat Devfest Bali 2022 diselenggarakan ini bertempat di The Ambengan Tenten Denpasar membahas materi tentang Blockchain dan Solidity. Sebelumnya mohon maaf, aku lupa siapa saja pemateri yang mengisi acara ini karena aku datangnya telat saat itu wkwk, tapi pematerinya sudah bagus untuk mengajari partisipannya yang pemula banget dengan dunia Blockchain dan Solidity, aku harap kedepannya aku juga bisa berkutat lebih dalam lagi di bidang ini, benar-benar insight baru yang bagus untuk aku dapatkan.

belajar-solidity

Belajar Solidity menggunakan Remix IDE

foto-bersama-web3-tour-de-bali

Foto bersama saat selesai workshop WEB3 Tour de Bali

Begitulah isi dari event-event developer yang aku kunjungi di tahun 2022, banyak ilmu baru yang didapatkan, semoga aku bisa menjadi pembicara di acara-acara yang serupa dengan itu semua, aamiin.


Simping Vtuber di 2022

2022 aku sering menonton banyak vtuber di Youtube, mereka memiliki cara masing-masing untuk menghibur penontonnya mulai dari Free talk, Karaoke, bermain games, dll. Awal mula aku suka vtuber pada saat tahun 2020 dimana kala itu aku menonton Teh Siska Leontyne dari Nijisanji Ex-id dan akhirnya keterusan deh nonton banyak beberapa vtuber lain entah dari agensi ataupun indie. Kali ini aku juga ingin menceritakan beberapa vtuber yang aku sukai di tahun 2022.

Rena Anggraeni


Rena Anggraeni dari Maha 5

Rena Anggraeni merupakan vtuber dari Maha 5 Indonesia generasi ke 3 yang baru debut di bulan Januari 2022, aku suka melihat personaliti penyihir pink yang satu ini dengan rambut pendek rambut pink nya dan yang sangat “seiso” ini apalagi saat main valorant. Pernah disuatu ketika dia stream aku hadir ke streamnya, lebih dari 10x aku hitung chat di kolom live chat youtube ku direspon sama Rena.

Chloe Pawapua


Chloe Pawapua dari Re:Memories

Penyihir yang ga bisa nyihir ini katanya yang dari agensi Re:Memories juga salah satu vtuber yang baru aku tonton sejak tahun 2022, apalagi saat dia stream karaoke sambil bermain gitarnya itu hal yang keren baginya karena suara saat dia karaoke benar-benar merdu dan enak banget didengar, banyak penontonnya juga akan merasa sangat senang saat dia karaoke, ini ada salah satu moderator Chloe Pawapua yang membuat playlist saat Chloe melakukan live streaming Karaoke.

Chloe juga membuat beberapa original song nya sendiri dan menurutku enak juga di dengar dan kebanyakan lagunya Chloe ini bergenre romance, jadi buat kamu yang lagi jatuh cinta atau sejenisnya, bisa nih dengerin lagu-lagunya Chloe, sudah ada di Spotify dan juga di channel YouTube nya Chloe juga, ini aku kasi beberapa lagunya Chloe yang aku suka.

Lagu: - Chloe Pawapua

Jadian Yuk - Chloe Pawapua

Komorebi - Chloe Pawapua & Achlys

Kobo Kanaeru


Kobo Kanaeru dari Hololive Indonesia

Animasi Biru yang satu ini juga termasuk salah satu vtuber favoritku yang debut di bulan Maret 2022 dan juga menjadi talent generasi ke 3 dari Hololive Indonesia. Menurut ku Kobo Kanaeru ini sangat unik, saat awal debutnya aja Kobo menggunakan website yang dia coding sendiri untuk melakukan presentasi pada saat debut, saat aku tonton debutnya pun aku takjub dengan keahlian dia yang bisa dibilang multi talenta, dia bisa menyanyi, ngoding, dan juga mencabut 2023 biji strawberry, sungguh multi talenta banget dan oh ya baru awal debut juga Kobo sudah punya original songnya yang bertajuk Mantra Hujan. Subscribernya pun saat belum debut saja sudah mencapai diangka lebih dari 200k subscriber dan sekarang Kobo sudah mencapai lebih dari 1.5 juta subscriber di kanal YouTube channelnya.

kobo-kanaeru-debut

Kobo Kanaeru saat debut

kobo-kanaeru-mantra-hujan

Kobo Kanaeru Mantra Hujan

Mantra Hujan by Kobo Kanaeru

Nana Megumi


Mbak Nana Megumi

Mbak" kantoran atau yang sering disapa Mbak Nana termasuk salah satu vtuber yang aku jumpai di 2022, Mbak Nana ini lebih sering live pada saat weekend dan biasanya dia live free talk, karaoke atau main game. Mbak Nana juga termasuk vtuber ramah dengan penontonnya, sering membalas live chat penontonnya dan malah sering bermain batsu game bersama penontonnya, dan aku juga pernah menghukum Mbak Nana saat dia live stream bermain game dan ada aturan batsu gamenya gitu.

Live streaming Mbak Nana saat aku gacha hukuman untuk dia wkwk

Yap itu dia beberapa vtuber yang aku jumpai di tahun 2022, sebenarnya banyak sih tapi aku seleksi beberapa vtuber yang memang sering aku kunjungi pada saat live streamnya saja.

Oh ya, aku juga lagi develop untuk pembuatan API dari Vtuber Asia by Valentino Ringo, semoga bisa aku open source di tahun ini juga.


Jalan-jalan

Di tahun 2022, aku dapat jalan-jalan sebagai refreshing dari hiruk pikuk laptop dan huruf yang warna-warni ini wkwk. Jalan-jalan di 2022 aku seringkali bersama pacar, teman kampus, orang lain, dan juga sepupu-sepupu ku. Destinasi wisata yang aku kunjungi pun sebenarnya masih dibilang sedikit sih, karena hari libur juga sedikit di tahun 2022 wkwk, tapi aku bersyukur dapat liburan untuk menenangkan pikiran dan isi di otak ku ini.

pura-bukit-batu-kursi

Pura Bukit Batu Kursi - Singaraja saat mengikuti Tirta Yatra Kampuss (Februari 2022)

digifest

Saat ke Bali Digifest (April 2022)

kebun-raya-bedugul

Kebun Raya Bedugul bersama sepupu-sepupu - Bedugul (Mei 2022)

camping

Camping bersama sepupu-sepupu - Bedugul (Agustus 2022)

tirta-empul

Sembahyang dan melukat di Pura Tirta Empul bersama pacar - Tampaksiring Gianyar (September 2022)

g-20

Ke DTE Expo G20 Bali - Nusa Dua Bali Convention Center (November 2022)


Wrapping Up

Terima kasih kalian yang sudah membaca sampai diakhir blog ini, intinya tahun 2022 adalah tahun yang berkesan banget dan juga merupakan tahun keberuntungan ku, karena aku mendapatkan pekerjaan baru, teman baru, skill baru serta di tahun 2022 juga event-event developer sudah mulai bangkit lagi akibat dari pandemi di tahun-tahun sebelumnya. Tidak lupa juga banyak vtuber yang aku jumpai di tahun ini dan lumayan masuk ke daftar simping ku wkwk. Jalan-jalan ke berbagai tempat juga dapat di tahun ini :D. Semoga di tahun 2023 adalah tahun yang keberuntungan juga bagi ku dan juga bagi kalian yang membaca ini. Next goal di tahun 2023 adalah aku ingin lebih rajin lagi untuk melakukan open source di GitHubku, karena di tahun 2022, aku tidak banyak melakukan open source karena sibuk kerja dan juga sambil kuliah, aku juga saat menulis blog ini juga sudah menyiapkan projek open source yang nantinya aku push ke GitHub ku, jadi ditunggu aja. Last but not least, thank you sudah membaca blog ini, kalau mau komen, bisa komen di reply twitter saat aku posting blog ini aja ya atau di kolom komen di bawah ini boleh juga. Sampai jumpa di blog selanjutnya, Happy New Year 2023 🥳✨